September 9, 2016

INFOJADI | Duterter dan Mark Zuckerberg Sudah Pernah Ke Tanah Abang

InfoJadi Senyuman hangat tersungging saat para tamu-tamu asing ini diajak blusukan Presiden Joko Widodo ke Pasar Tanah Abang. Meski berkeringat, mereka terkesan dengan kegiatan ini. 





Berikut 3 kisahnya:


Pasar Tanah Abang menjadi tujuan favorit Presiden Jokowi untuk mengajak para tamu asingnya. Terbaru, Presiden Filipina Rodrigo Duterte merupakan salah satu tamu yang diajak Presiden Jokowi ke Pasar Tanah Abang pada Jumat 9 September 2016. Sebelumnya, ada PM Australia Malcolm Turnbull dan Bos Facebook Mark Zuckerberg yang juga diajak Presiden Jokowi keliling Pasar Tanah Abang.

Ada misi yang ingin dicapai Presiden Jokowi dalam kunjungan ini. Presiden Jokowi ingin memperkenalkan bahwa Pasar Tanah Abang merupakan pasar tekstil terbesar di ASEAN. Dia juga ingin memperkenalkan para tamu asingnya kepada masyarakat.

Ajang blusukan ini ternyata membawa kesan tersendiri bagi para tamu asing tersebut. Meski bermandi peluh, mereka terkesan dengan sambutan hangat masyarakat. Para tamu asing ini juga menyempatkan diri mengabadikan momen-momen blusukan yang tidak terlupakan itu.

Berikut 3 kisahnya:


Presiden Jokowi mengajak serta Presiden Filipina Rodrigo Duterte ke Pasar Tanah Abang saat berkunjung ke Jakarta. Keduanya lalu blusukan disambut ratusan pedagang di Tanah Abang.


Jokowi langsung menyambut Duterte begitu membuka pintu mobil Limosinnya pada Jumat 9 September 2016 sekitar pukul 13.45 WIB.
Keduanya bersalaman dan langsung masuk ke Tanah Abang. Keduanya tampak kompak mengenakan baju putih.

Ratusan orang menyambut Jokowi dan Duterte di dalam pasar Tanah Abang. Pedagang mengambil foto Jokowi dan Duterte sambil berteriak, "Jokowi! Jokowi!"

Duterte tersenyum dan melambaikan tangan saat diajak blusukan oleh Jokowi. Kedua kepala negara itu meninjau kios-kios pedagang yang sebagian besar adalah produk tekstil. Presiden Jokowi mengenalkan produk tekstil Indonesia kepada Duterte.

Di salah satu kios baju Jokowi berhenti dan menanyakan soal harga hingga kualitas produk. Duterte santai menyaksikan dialog Jokowi dengan pedagang itu. Begitu juga di kios lainnya, yang sesudahnya Jokowi berbincang dengan Duterte. Presiden Jokowi dan Duterte blusukan di Blok A Pasar Tanah Abang sekitar 35 menit.


Keinginan blusukan ke Tanah Abang ternyata bukan hanya datang dari Presiden Jokowi. PM Australia Malcolm Turnbull pernah mengajak Presiden Jokowi blusukan ke Pasar Tanah Abang. 


Turnbull ingin tahu kedekatan Presiden dengan masyarakatnya. "PM Turnbull ingin merasakan new style leadership," ujar Kepala Setpres Darmansyah Djumala di Istana Kepresiden, Kamis (12/11/2015).



Keinginan Turnbull tercapai. Dia melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana ribuan pengunjung Pasar Tanah Abang bergembira atas kedatangan Jokowi-Turnbull. Masyarakat berebutan bersalaman dengan Jokowi dan tamunya.



Mereka disambut keriuhan pengunjung pasar yang tidak pernah sepi itu. Di tengah keriuhan, Turnbull sempat mengajak Jokowi berselfie ria.



Dalam catatan Duta Besar Indonesia untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema, PM Turnbull tak bisa melupakan pengalaman kunjungan-kurang dari 24 jam di Jakarta. Menurut Dubes yang turut mendampingi Turnbull di Ibukota Indonesia pada Kamis (12/11) ini- selain pembicaraan bilateral soal ekonomi, perdagangan dan investasi -sang Perdana Menteri juga terkesan akan begitu besarnya antusiasme masyarakat saat bertemu Presiden Jokowi Di Tanah Abang.



"Hal yang paling mengesankan adalah saat Turnbull menyaksikan seorang bocah laki-laki mencium tangan Presiden Jokowi saat blusukan di Tanah Abang kemarin (12/11) siang," ceritanya kepada Dian Fatwa dari Australia Plus ketika ditemui di Indonesia Business Summit, Canberra, Jumat (13/11).



Lebih jauh Nadjib menceritakan, "Perdana Menteri Turnbull tampak kemringet (berkeringat, dalam bahasa Jawa) saat 'blusukan' di Tanah Abang."



Ia ikut mencopot jas yang dikenakannya ketika menyaksikan Presiden Jokowi melepas jas saat memasuki Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang merupakan pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara.


Saat menjabat Gubernur DKI Jakarta, Jokowi mengajak Bos Facebook Mark Zuckerberg blusukan ke Pasar Tanah Abang pada Senin 13 Oktober 2014.


Keduanya berkeliling blok A pasar Tanah Abang yang penuh sesak oleh pengunjung itu selama hampir 25 menit.

Dengan kondisi cuaca Indonesia yang berbeda dengan negara asalnya, plus pakaian formal jas yang dipakainya, tentu saja membuat si bule ini langsung bercucuran keringat. Kendati begitu, Zuck tetap ramah dengan senyum tersungging dari wajahnya.

Terkesan dengan kunjungannya, Zuck pun memamerkan foto saat blusukan di akun Facebook pribadinya. Dalam foto terlihat Zuck dan Presiden Jokowi dikerumuni awak media, pedagang pasar Tanah Abang dan masyarakat sekitar.

Aksi Blusukan Jokowi dan Facebook Mark Zuckerberg Senin lalu menyentuh hati para pedagang di Pasar Tanah Abang. Meski kedua orang tersebut tak berbelanja di toko mereka, namun kunjungan singkat selama 10 menit tersebut sebagai bentuk perhatian.

Bos Facebook Mark Zuckerberg terkesan dengan Pasar Tanah Abang, Mark pun mengunggah foto blusukannya ke akun Facebook pribadinya, Senin lalu, Mark meng-update laman Facebook-nya sekitar pukul 20.00 WIB, Senin (13/10/2014).

Di foto yang dipajangnya itu, Zuck dan Jokowi tampak berbincang-bincang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Keduanya tampak berbincang akrab.

Sumber Detikcom