September 18, 2016

INFOJADI | Pesawat Batavia Air Disulap Menjadi Restoran

InfoJadi - Kota Wuhan, ibu kota provinsi Hubei, di China tempat pertama restoran pesawat.



Bernama "Lilly Airways", restoran unik yang baru diresmikan ini terletak di dalam kabin tua Boeing 737.

Pengusaha Li Liang mengambil alih dan membeli pesawat tersebut dari maskapai penerbangan Indonesia Batavia Air, pada Mei 2015.

Namun ia masih membutuhkan waktu enam bulan agar bisa menyelesaikan seluruh prosedur untuk memberangkatkan pesawat itu ke Cina.

"Demounting, pelabuhan, pengiriman, izin usaha, perdagangan, deklarasi, semua prosedur ini yang tidak pernah dilakukan oleh siapa saja sebelumnya. Untuk itu saya harus melakukannya satu per satu," kata  Li.

Ia menambahkan bahwa Boeing 737 harus dibongkar total delapan kali dalam empat bulan perjalanan dari Indonesia ke Wuhan, China.

Pesawat itu sudah terbagi-bagi dalam beberapa bagian yang kemudian harus dikemas dalam wadah dan dikirim beberapa kali.

Dia harus merongoh koceknya hingga 5 juta yuan ($5,28 juta atau lebih dari Rp 65.000.000.000) untuk pesawat itu sendiri.

Alhasil, kini ia menjadi pemilik salah satu restoran paling mahal di dunia.



Pesawat itu berusia 28 tahun dan sebelumnya telah dimiliki oleh perusahaan-perusahaan maskapai besar termasuk British Midland Airlines dan Mandala Airlines.

Di dalam pesawat yang telah disulap jadi restoran itu, pengunjung dapat merasakan pengalaman luar biasa, dalam penerbangan setelah mereka naik melalui jembatan udara.

Layaknya seperti akan melangsungkan penerbangan, pelayan berpakaian pramugari akan menunjukkan kursi Anda.

Meskipun mewah, makan malam di restoran pesawat itu cukup murah di kisaran ¥ 200-300 ($40-$60 atau sekitar Rp 780.000), demikian Shanghaiist melaporkan.

Penggemar penerbangan dapat membayar tambahan ¥ 100 untuk memasuki kokpit dan merasakan pengalaman simulator penerbangan.

Pada bulan Agustus, sebuah Boeing 747 dipindahkan ke gurun Nevada untuk festival seni dan musik.
Di Irlandia, ada Taman yang disulap dari pesawat Boeing 767-200 yang masuk dalam daftar pilihan akomodasi yang menjadi rebutan semua tamu.

Tujuan liburan di Irlandia memberikan para tamu pilihan untuk tinggal di pesawat yang dipasang kembali sebagai bagian dari daftar unik, pilihan kamar bertema transportasi. (Squidot). 

Sumber Tribun