February 22, 2018

InfoJadi - 5 Orang Petani Tewas Tertimbun Longsor Dan 15 Orang Belum Di Temukan


InfoJadi - Lima orang petani menjadi korban tewas akibat bencana longsor di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Ada belasan orang petani lainnya yang saat ini diduga masih tertimbun.

"Berdasarkan laporan Bupati Brebes yang berada di lokasi longsor, hingga pukul 14.30 WIB terdapat 5 korban meninggal dunia," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya yang diterima detikcom, Kamis (22/2/2018).

Kelima orang korban tewas tersebut adalah adalah Karsini, Sapto, Wati, Radam, dan Kiswan. Mereka semua berprofesi sebagai petani.

Sementara itu, jumlah korban yang dinyatakan hilang diduga tertimbun longsor kini bertambah dari sebelumnya 11 orang menjadi 15 orang.

"Pendataan masih dilakukan. Saat masa darurat seperti saat ini data akan selalu bergerak. Korban hilang didasarkan pada laporan warga sekitar," ujarnya.

Sutopo mengatakan, saat ini tim SAR gabungan di lokasi masih terus berupaya melakukan evakuasi. Sebelumnya ada 14 orang yang berhasil diselamatkan dalam kondisi luka-luka dan sudah dibawa ke puskesmas terdekat.

Jangan Lupa Baca Juga : Hanura Suport Wiranto Jadi Cawapres Pendamping Jokowi

Longsor ini terjadi di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, tepatnya di hutan produksi milik Perhutani BKPH Salem petak 26 RPH Babakan. Longsor terjadi pagi hari pukul 08.00 WIB.

Terkait banyaknya korban, menurut Sutopo saat itu para petani memang sedang bekerja di sawah.

"Longsor menimbun petani yang sedang bekerja di sawah. Longsor dari perbukitan turun menuruni lereng mengikuti kontur tanah dan gravitasi sehingga menerjang sawah di bawahnya," ujarnya.

Sumber : Berita News || Detik.com