February 17, 2018

InfoJadi - Gempa 7,2 SR Guncang Meksiko, Picu Kerusakan Ringan


InfoJadi - Gempa bumi berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) mengguncang Meksiko. Gempa ini memicu kerusakan ringan terhadap sejumlah gedung di wilayah Oaxaca, Meksiko bagian selatan.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Sabtu (17/2/2018), pusat gempa berada di lokasi 37 kilometer timur laut Pinotepa de Don Luis, Oaxaca, atau dekat dengan resort peselancar di pantai Pasifik. Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat pusat ada di kedalaman 24,6 kilometer dari permukaan Bumi. Gempa ini dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Baik ibu kota Mexico City maupun wilayah Meksiko bagian selatan masih dalam pemulihan usai gempa kuat yang memicu kerusakan luas pada September 2017 lalu. Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto menyatakan 'protokol telah diaktifkan' usai gempa kuat ini melanda.

Belum ada laporan korban jiwa akibat gempa terbaru yang mengguncang pada Jumat (16/2) waktu setempat ini. Menteri Dalam Negeri Meksiko, Alfonso Navarrete, menyatakan gempa ini memicu sejumlah kerusakan kecil pada beberapa gedung di Oaxaca.




Foto-foto yang diunggah media menunjukkan batu bata dan reruntuhan jatuh dari gedung-gedung. Produk-produk di supermarket setempat juga terlihat berjatuhan dari raknya. Getaran gempa ini dirasakan hingga ke wilayah Guatemala, yang ada di selatan Meksiko.

Di Mexico City, gedung-gedung bertingkat bergoyang selama lebih dari semenit akibat gempa ini. Alarm peringatan gempa berbunyi. Dilaporkan beberapa gedung tua di wilayah Condesa mengalami keretakan kecil usai gempa mengguncang. Pepohonan, kabel listrik dan mobil-mobil juga bergoyang saat gempa melanda.

Jangan Lupa Baca Juga : Gempa 5,2 SR Guncang Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Warga setempat yang panik berlarian keluar gedung dan berkumpul di jalanan. Mereka masih trauma dengan dua gempa besar yang mengguncang pada September 2017 dan menewaskan total 465 orang.

"Jujur saja, kami semua sedikit kesal. Kami mulai menangis setiap kali alarm (gempa) berbunyi. Kami stress, kami teringat (gempa) sebelumnya. Jadi kami berlari keluar ke jalanan. Hanya itu yang bisa kami lakukan," tutur Kevin Valladolid (38) yang tinggal di La Roma, Mexico City.

Julia Hernandez menyebut getaran gempa yang dirasakannya membuat dirinya seperti di dalam kapal laut. "Apakah ini akan berhenti?" ucapnya. "Kami hidup dalam ketakutan, dengan kenangan atas apa yang terjadi sebelumnya," timpa putri Hernandez.

Sumber : Detik.com || PojokQQ || JadiQQ