February 2, 2018

InfoJadi - Ini Dia Monyet Khas Sulawesi yang Raih Person of The Year dari Amerika USA


InfoJadi - Seekor monyet Sulawesi bernama Naruto, menjadi viral karena mendapat penghargaan Person f The Year dari organisasi perlindungan hewan di Amerika. Memang ini monyet apa sih?

Monyet tersebut dulu menjadi perbincangan karena foto selfie yang viral di dunia. Si monyet merebut kamera seorang fotografer asal Inggris, David Slater. Monyet tersebut memotret dirinya sendiri.

Kasusnya makin ramai soal perebutan hak cipta di pengadilan. Organisasi People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) membela hak cipta sebagai milik si monyet. Akhirnya PETA dan Slater berdamai dengan perjanjian bagi hasil keuntungan komersil 25 % untuk monyet Sulawesi ini.

Monyet Naruto pun baru-baru ini dinobatkan oleh PETA. Dalam hal ini, mereka menghormati Naruto sebagai 'seseorang' bukan 'sesuatu'. Naruto monyet apa sih?

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (6/12/2017), monyet ini termasuk jenis Monyet Wolai atau Monyet Hitam Sulawesi, dengan nama latin Macaca nigra. Jenisnya pun hanya terdapat di Pulau Sulawesi bagian Utara, yang juga menjadi satwa endemik Indonesia.

Monyet Wolai juga bisa disebut dengan Yaki, yang mempunyai ciri-ciri seluruh tubuhnya berwarna hitam dan memiliki jambul di atas kepalanya. Bokong Yaki juga berwarna merah.

Diketahui, Naruto merebut kamera David dan berpose di Cagar Alam Tangkoko, Batuangus, Kecamatan Bitung Utara, Kota Bitung, Sulawesi Utara pada tahun 2011 silam.

Cagar Alam Tangkoko memiliki luas 8.745 hektare. Di dalamnya, juga terdapat Taman Wisata Batuputih dan Taman Wisata Batuangus. Di dalamnya, terdapat beberapa flora dan fauna yang dilindungi.

Jangan Lupa Baca Juga : Hotman Paris Tanya Sandiaga soal Becak: Apa Mau Ngejar Pilpres 2019 :

Beberapa di antaranya adalah kuskus, kuskus kerdil, anoa, ular sanca kembang, termasuk monyet hitam Sulawesi dan beberapa fauna lainnya. Sedangkan hutannya termasuk hutan hujan, yang didominasi oleh berbagai tumbuhan seperti awar-awar (Ficus septica), benuang laki (Duabanga moluccana) dan beberapa fauna lainnya.

Nah, traveler yang mau melihat langsung Naruto dan teman-temannya, bisa langsung pergi ke Cagar Alam Tangkoko. Siapa tahu, bisa bertemu dan wefie bareng Naruto. Ingat, tetap jaga sikap dan jangan menganggu habitatnya ya!

Sumber : Detik.com || PojokQQ || JadiQQ