February 1, 2018

InfoJadi - Presiden Joko Widodo Pamerkan Indahnya Jalan Trans Papua


InfoJadi - Presiden Joko Widodo hari ini menghadiri Dies Natalies 68 Universitas Indonesia. Jokowi hadir didampingi oleh Menteri Kabinet Kerja.

Dalam sambutannya Jokowi memamerkan sejumlah capaian pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Ada dua hal besar yang mau saya sampaikan hari ini. Pertama kita sedang mengerjakan investasi infrastruktur dan investasi sumber daya manusia (SDM)," kata Jokowi dalam pidatonya di Acara Dies Natalies UI ke 68, di Balairung, Depok, Jumat (2/2/2018).

Dia mengungkapkan, investasi infrastruktur termasuk dengan pembangunan jalan, jembatan, pembangunan jalan tol, tol laut, pelabuhan, airport, waduk hingga listrik di pedalaman Papua.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur ini bertujuan untuk meningkatkan persaingan ekonomi nasional dan memenangkan persaingan global. "Selain itu ini juga untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi.

Sambil pidato, Jokowi juga menayangkan video - video progres pembangunan infrastruktur di Papua. Dari tayangan tersebut, terlihat beberapa tahun sebelumnya jalan di Papua masih berbentuk tanah merah yang becek, bahkan mobil sulit untuk melewati jalan tersebut dan terjerembab dalam kubangan air bercampur tanah merah.

Sekarang, progres fisik sudah terlihat. Jalan Trans Papua terlihat indah menembus gunung, meliak liuk di tepi pantai.

Jangan Lupa Baca Juga : Jokowi Widodo : Bangun Perbatasan Bicara Kebanggaan dan Harga Diri Bangsa Indonesia

Dia menjelaskan, ini bertujuan untuk menciptakan rasa keadilan dan pemerataan bagi seluruh rakyat Indonesia. Dia mengungkapkan jika dibandingkan dengan infrastruktur yang ada di Jawa dan Sumatera wilayah ini (Papua) memang agak sulit, mau menempuh 200 km saja memakan waktu 2 hari. Karena itu dengan keadaan infrastruktur seperti ini, kita bangun Trans Papua dan membuka kawasan yang terisolasi dan terpencil.

"Kami ingin buka kawasan terpencil, sudah kami bangun meski masih ada yang belum kita aspal," ujar Jokowi disambut tepuk tangan riuh hadirin.

Dalam tayangannya, jalan yang penuh tanah merah sudah menjelma menjadi jalan-jalan beraspal dan jalan berbatu yang siap dilalui kendaraan.

Sumber : Detik.com || PojokQQ || JadiQQ