February 6, 2018

InfoJadi - Rumah Terendam Lumpur, Ratusan Warga Rawajati Bertahan di Pengungsian


InfoJadi - Sebanyak 300 Kepala Keluarga korban banjir di Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan masih berada di pengungsian. Mereka belum bisa menempati rumahnya lantaran masih direndam lumpur.

Lurah Rawajati Rudi Budijanto mengatakan, jumlah warga yang berada di pengungsian hingga kini masih seperti kemarin, sebanyak 300 KK. Rumah mereka belum bisa ditempati hingga beberapa hari ke depan karena masih terendam lumpur.

"Warga masih bertahan di pengungsian, mereka semua yang terkena banjir, seperti RW 07, 01, dan 03. Warga juga kan masih membersihkan lumpur-lumpur itu hingga sekarang," ujar Rudi pada wartawan, Rabu (7/2/2018).

Menurut Rudi, terkait bantuan untuk warga, sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari warga. Apalagi, ada bantuan dari beberapa pihak, seperti dari CSR atau perusahan yang ada di Kalibata, lalu dari TNI, kepolisian, dan pihak lainnya yang memberikan sumbangan bahan pangan siap saji.

Dia menambahkan, warga Rawajati pun diminta waspada sementara waktu ini dan lebih baik tinggal di pengungsian sementara lantaran khawatir bakal terjadi banjir susulan.

Sementara itu, salah satu warga RW 07, Muslim menerangkan, meski saat ini banjir sudah mulai surut dibandingkan pada Senin, 5 Februari kemarin. Dia masih khawatir dengan adanya banjir susulan mengingat cuacanya pun masih kerap terjadi hujan.

"Sementara kita bersihkan dahulu lumpur-lumpur di rumah meski ada kekhawatiran banjir susulan. Cuacanya kan kemarin juga hujan terus di Jakarta, belum lagi kalau ada air kiriman dari Bogor," jelasnya.

Jangan Lupa Baca Juga : Gempa Guncang Kawasan Wisata Taiwan, 150 Hilang Belum di Temukan

Maka itu, lanjut Muslim, dia masih belum mau memindahkan barang-barangnya dari tempat pengungsian ke rumahnya."Tapi kalau sampai 4-5 hari lagi, kita juga tak tahu yah. Kami harapkan sih bantuan terus mengalir ke semua warga yang terkena banjir, baik itu yang mengungsi di posko, maupun di kolong (Rawajati)," ucapnya.

Dia menambahkan, bantuan pun diharapkan tak sekedar makanan siap saji belaka karena banyak pula anak-anak yang membutuhkan perhatian, seperti popok, susu, dan obat-obatan.

Sumber : PojokQQ || JadiQQ