March 1, 2018

InfoJadi - Jokowi Nilai Tingkat Kepuasan Pencari Keadilan di MA Sangat Tinggi


InfoJadi - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi pencapaian yang dilakukan Mahkamah Agung (MA) dalam memberikan pelayanan publik di bidang peradilan terhadap para pihak berperkara atau para pencari keadilan.

"Kecepatan dalam memutus perkara yang meningkat tajam, tingkat kepuasan pihak yang berperkara sangat tinggi, serta akuntabilitas yang meningkat," kata Jokowi dalam sambutan laporan tahunan MA tahun 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Jokowi menganggap predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang mampu dipertahankan MA seperti yang disampaikan Ketua MA, Hatta Ali, telah memberikan kontribusi besar untuk percepatan pembangunan.

Jangan Lupa Baca Juga : Melarang Tokoh Jadi Bahan Kampanye untuk Lindungi Figur Tersebut

"Termasuk dalam melakukan pembaharuan teknis dan manajemen perkara, serta pengelolaan anggaran dan seleksi calon hakim di lingkungan Mahkamah Agung," ujar Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini menilai, penyelenggaraan peradilan merupakan pilar penting kekuatan bangsa. Dia menganggap pilar tersebut diyakini akan mampu membawa lompatan ke arah Indonesia maju.

Bagi Jokowi, peradilan adalah pilar utama agar negara terus bergerak cepat menuju negara maju yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jangan Lupa Baca Juga : Rilis Kembali Penyelundupan 1,62 Ton Sabu Jaringan China

"Selain kerja keras dalam perumusan dan pelaksanaan program-program pembangunan, pondasi utama yang bisa mengantarkan kita sebagai negara maju adalah sistem dan proses hukum yang betul-betul kredibel dan dipercaya yang menghasilkan kepastian hukum dan menghadirkan penegakan hukum yang memberikan keadilan dan rasa keadilan masyarakat," tandasnya.

Sumber : Berita News || Detik.com