September 16, 2016

INFOJADI | Kanker Serviks Tidak Bisa Diketahui Jika Tidak Diperiksa

InfoJadi -  Menurut Prof Andrijono, MD dari RS Cipto Mangunkusumo, sebagian besar infeksi HPV atau Human Papillomavirus tidak menimbulkan gejala atau tanda khusus.







"Kanker serviks letaknya kan di dalam ya, jadi baru ketahuan ada sesuatu ya kalau diperiksa. Tidak bisa dilihat dari luar," ujar Prof Andrijono dalam temu media Indonesia Working Group (IWG)-HPV di Salemba, Jakarta, Jumat (16/9/2016).

Oleh sebab itu, kebanyakan orang yang sudah terinfeksi HPV tidak menyadari kalau dirinya sudah terinfeksi atau bahkan sudah menularkannya. Sebagian besar wanita baru mengetahui mereka terinfeksi HPV setelah kondisinya cukup parah atau sudah stadium lanjut.

Penularan HPV sendiri dikatakan oleh Prof Andrijono sangat mudah terjadi. Namun sayangnya hal ini tidak semua wanita memahami hal ini, maka dari itu kanker serviks sering terlambat diketahui.

"Gejala khususnya tidak ada, kalau sudah kanker baru ketahuan tapi itu kan berarti sudah terlambat. Makanya begitu ada hal yang tak biasa, misalnya saat berhubungan intim kok ada darah atau ada keputihan yang tidak sembuh dengan obat standar, itu patut curiga dan cek ke dokter," pesan Prof Andrijono.

Sumber DetikCom