September 21, 2016

INFOJADI | Pizza Buatan Sendiri Plus Toping

InfoJadi - Pizza menjadi salah satu makanan yang disukai banyak orang dari berbagai usia. Selain tekstur roti yang empuk dan lembut, perpaduan topping di dalamnya pun kerap menjadi incaran, mulai sosis, ayam, daging asap, jamur, dan keju mozzarella. 



Untuk menikmatinya, sekarang ini Anda tak perlu lagi harus mengunjungi resto pizza, tetapi bisa membuatnya sendiri di rumah. Namanya Pizza Muffin. Tak begitu berbeda dengan pizza biasanya, pizza yang satu ini dipanggang di atas loyang muffin yang dapat mempermudah Anda menyantapnya saat pizza matang. 

Untuk membuat pizza favorit ini, Anda dapat menambahkan berbagai topping sesuai selera. Dikutip Taste.com.au, berikut resep dan cara membuatnya;
 
Bahan-bahan:
200 gram tepung terigu (tambahan ekstra tepung untuk taburan)
7 gram sachet ragi kering
1/4 sdt gula kastor
Garam secukupnya
2 sdm minyak zaitun extra virgin
4 sdm saus pizza atau saus barbeque
150 gram keju mozzarella parut
12 lembar daun kemangi segar
250 gram tomat ceri, dibelah dua
1/4 sdt rempah kering siap pakai
Tambahan topping sesuai selera
 
Cara membuat:
Panaskan oven sampai 200 celcius. Siapkan loyang muffin dengan 12 lubang, oleskan dengan mentega.
 
Campurkan tepung, ragi, gula, dan garam dalam mangkuk besar. Buat lubang ditengahnya. Kocok minyak dan 2/3 cangkir air hangat hingga tercampur rata. Tuangkan ke dalam campuran tepung, lalu campur dan ratakan dengan tangan hingga adonan lengke dan lembut. Uleni selama 8 sampai 10 menit.
 
Giling adonan hingga memiliki tebal 5mm. Gunakan pemotong kue, potong bulat menjadi 12 buah kemudian letakkan ke dalam loyang muffin.
 
Oleskan saus pizza di dasar adonan pizza, kemudian taburi dengan sedikit mozzarella. Tambahkan topping sesuai selera, daun kemangi, dan tomat. Taburi dengan sisa keju, taburkan bumbu rempah kering dan panggang selama 15 sampai 20 menit atau sampai keju meleleh. Keluarkan pizza dari dalam oven, sajikan selagi hangat.

Sumber Sindo