September 21, 2016

INFOJADI | SekJen PBB Mendesak AS dan Rusia Bekerja Sama Untuk Perangi ISIS

InfoJadi - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mendesak Amerika Serikat (AS) dan Rusia untuk menggunakan pengaruhnya di Suriah. Menurut Ki-Moon, hal ini perlu dilakukan untuk mengakhiri pertempuran di Suriah, dan memulai kembali upaya damai yang saat ini mati suri. 



"Saya meminta bagi semua orang dengan pengaruh untuk mengakhiri pertempuran dan mendapatkan pembicaraan dimulai," kata Ki-moon dalam pidatonya di sidang umum PBB, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (21/9).

Dalam pidatonya, mantan Menteri Luar Negeri Korea Selatan itu menyinggung serangan terhadap konvoi kemanusiaan PBB di dekat Aleppo. Ki-moon menyebut hal itu adalah sebagai tindakan biadab yang disengaja.

"Ini adalah tindakan yang memuakkan, biadab dan tampaknya disengaja terhadap konvoi bantuan," ucapnya. Dia juga menyatakan bahwa untuk sementara PBB tidak akan mengirimkan bantuan ke Suriah.

Sekjen PBB menyebut para pekerja yang tewas dalam serangan di Aleppo sebagai pahlawan "Orang-orang yang mengebom mereka adalah pengcut," pungkas pria yang akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Sekjen PBB pada akhir tahun ini.

Sumber Sindo