September 1, 2016

INFOJADI | Tempat Belanja Di Taipe, Shilin Night Market

InfoJadi - Warga Taipei, Taiwan terkenal dengan kesukaan mereka akan makanan dan belanja. Oleh sebab itu, ada sejumlah Night Market yang jadi tempat jajan.



Kota Taipei Taiwan sebagai kota besar mempunyai banyak daya tarik, mulai dari fashion sampai wisata kuliner. Warga Taipei pun terkenal dengan kesukaan mereka akan makanan dan belanja. Hal ini ditunjang dengan banyaknya shopping center dan pusat jajanan di pasar malam (night Market).

Night Market memang menjamur di Taipei. Terdapat puluhan Night Market yang tersebar di seluruh kota Taipei, mulai dari yang besar sampai yang kecil. Night Market ini tidak pernah sepi, apalagi saat weekend, penuh banget! Sampai kita susah untuk berjalan. 

Hal ini saya saksikan dari dua Night Market yang paling terkenal di Taipei, yaitu Shilin Night Market dan Ximending Night Market.

Shilin Night Market (SNM) dijuluki Night Market terbesar. Terletak di sekitar jalan Dadong Road, Danan Road, Wenlin Road, and Jihe Road. Untuk menuju ke Shilin sangat mudah, Anda tinggal naik MRT Jalur 2 (merah) turun di Jiantan Station. 

Shilin Market sangat luas, mulai buka pukul 04.00 sore dan tutup sebelum pukul 00.00 malam. Kalau weekend bisa buka sampai pukul 01.00 atau 02.00 dini hari.

Di SNM ini Anda bisa menemukan hampir semua barang dan dan makanan. Mulai dari barang branded sampai yang KW (imitasi - red). Makanan mulai dari kaki lima yang menggunakan gerobak sampai cafe atau resto tersebar di seluruh SNM.

Bagi Anda yang ingin berbelanja fashion atau souvenir untuk oleh-oleh, di sini tempat yang tepat karena banyak pilihan. Hampir semua barang sudah tertera harganya. Tapi biasanya Anda masih bisa menawar. Namun jangan pakai gaya menawar separuh harga ya.

Khusus souvenir seperti gantungan kunci, kaos, dan lainnya di sini dijual lebih murah dibanding tempat lain. Misalnya gantungan kunci dijual NT$ 100 (sekitar 44 ribuan) untuk 6 buah. Atau Kue kering dalam kotak. Walaupun tertulis NT$ 100 untuk 3 kotak kue, Anda bisa menawar dan mendapatkan 5 kotak untuk  NT$ 100!.

Bagi Anda yang suka makanan, bisa mencoba street food  kaki lima yang menggunakan gerobak. Mereka menjual berbagai macam makanan dan minuman, termasuk buah-buahan yang berjajar rapi di gang sempit dengan harga yang terjangkau. 

Selain itu, Anda juga dapat mencoba berbagai jenis makanan di Food Court yang terletak di basement Pasar Shilin. Di sini Anda bisa makan seafood yang diolah dengan berbagai macam masakan dengan cita rasa yang lezat, seperti kepiting goreng, cumi-cumi goreng, tahu, dll.

Hari semakin malam, SNM malah semakin ramai. Kaki saya sudah capek sekali, dan semua oleh-oleh sudah saya dapatkan. Waktunya kembali pulang ke hotel. Besok rencananya mau ke Night Market lain yang terkenal, yaitu Ximending night market. Seperti apa ceritanya, ikuti terus tulisan saya berikutnya.