May 29, 2017

INFOJADI - Gempa 5SR Guncang Aceh, Puluhan Rumah Warga Rusak


InfoJadi - Gempa tersebut mengguncang Aceh, yang berpusat di darat sekitar 27 km barat laut kabupaten Gayo Lues, Aceh. Analisis update oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa ini terjadi pada pukul 04.54.04 WIB dengan kekuatan skala 5 Richter.

Menurut Kepala Informasi BMKG Dini Peringatan Gempa Bumi dan Tsunami, Dr. Daryono, pusat gempa berada pada koordinat 4.14 LS dan 97.23 Bujur Timur. Tepat di darat pada jarak 27 km barat laut Kabupaten Gayo Lues pada kedalaman 10 km.

"Hasil analisis shakemap BMKG menunjukkan bahwa gempa tersebut berpotensi dirasakan pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI di Gayo Lues, Aceh Tengah, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Barat Daya termasuk Blangkejeran,
Perlak, Lesten, Blangpidie, dan Benermeriah, "katanya.

Sementara berdasarkan laporan masyarakat di wilayahnya, gempa tersebut dirasakan oleh banyak orang pada skala intensitas III MMI. Beberapa warga juga dilaporkan kehabisan rumah untuk menyelamatkan diri.

Dari laporan tersebut, gempa tersebut merusak rumah Adam Malik, seorang petani yang lokasinya berada di desa Suri Musara, Kecamatan Pantan Kecamatan Cuaca, Kabupaten Gayo Luwes. Bagian belakang rumahnya roboh akibat guncangan gempa.

Menurut Daryono, gempa ini jika dilihat dari lokasi dan kedalamannya adalah sejenis gempa tektonik dangkal atau gempa berkekuatan dangkal akibat aktivitas Summon Fault Zone atau Sumatera Fault Zone, tepatnya di segmen Tripa.

"Ini sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan bahwa gempa tersebut dipicu oleh kesalahan pergerakan horisontal," katanya.

Sumber : Viva.co.id || PojokQQ.com || JadiQQ.com