May 14, 2017

INFOJADI - Manfaat Dari Sayur Brokoli, Bisa Mencegah Kanker dan Menurunkan Berat Badan


InfoJadi - Apakah anda termasuk orang yang menyukai sayur brokoli? Bagaimana jika anda tahu bahwa manfaat brokoli dapat membantu pencegahan kanker dan bisa menurunkan berat badan?

Sebuah studi Kanazawa University di Jepang menemukan bahwa tikus yang diberi diet tinggi lemak yang dilengkapi dengan sulforaphane, bahan kimia yang di temukan di sayur brokoli, dan tikus tersebut tidak mengalami penambahan berat badan.

Studi yang mempublikasikan jurnal online ini mereka menguji 2 kelompok tikus. Kelompok pertama diberi diet tinggi lemak plus sulforaphane dan kelompok kedua di beri diet yang sama tetapi tanpa sulforaphane.

Hasilnya adalah kelompok pertama hanya mengalami kenaikan berat badan 15% lebih sedikit dari tikus kelompok dua. Tikus kelompok satu juga memiliki 20% lemak lebih sedikit di sekitar pinggang dan dada, juga memiliki kadar glukosa darah lebih rendah di banding tikus kelompok 2.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sulforaphane menyebabkan tubuh membakar lebih banyak energi dan lemak, serta bisa membantu menyeimbangkan jumblah bakteri baik di dalam usus kita. Semuanya ini dapat membantu mencapai berat badan yang sehat.

Penelitian juga menemukan bahwa sulforaphane dapat mengurangi peradangan pada insulin dan resistensi hati.

Sebelumnya penelitian juga menunjukan bahwa sulforaphane memiliki sifat antikanker, sulforaphane  mampu dengan selektif membunuh sel kanker dan dengan demikian sulforaphane  dapat mencegah kanker meyebar ke bagian tubuh yang lain.

Jika pencegahan kanker dan penurunan berat badan masih belum cukup bagi anda untuk menyukai brokoli, Anda juga harus tau bahwa sayuran ini juga bermanfaat bagi kesehatan hati.

Sumber : Kompas.com  ||  PojokQQ.com  ||  JadiQQ.com