May 1, 2017

INFOJADI - Wow Jokowi Membuat Rumah DP 1% Bagi Pekerja di Jakarta


Infojadi
- Presiden jokowi meresmikan mulai nya proyek pembangunan hunian murah untuk pekerja/buruh di wilayah Tangerang Selatan. Presiden Jokowi memulainya dengan membangun 6000 rumah susun dengan harga terjangkau Rp 293 juta.

Hunian tersebut bisa di peroleh dengan DP (Down Payment) alias uang muka 1% (Rp 2,9 juta), dengan biaya cicilan Rp 1,2 juta perbulan. Bukan itu saja akan dibangun juga tapak seharga Rp 112 juta untuk buruh di daerah depok.

Dalam progam ini yang di beri nama Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), penerima progam tersebut akan mendapat manfaat mulai dari DP rendah hanya 1% dan subsidi bunga KPR yang harus di tanggung hanya sebesar 5%

Program lain yang di miliki pemerintah untuk mempermudah masyarakat memiliki hunian adalah Subsidi Selisih Bunga (SSB) sebesar Rp 3,7 triliun dan Bantuan Uang Muka (BUM) sebesar Rp 2,2 triliun.

Manfaat yang di terima masyarakat Jakarta dari program SSB dan BUM sama dengan yang yang diberikan dalam program FLPP. Sasaran penerima bantuan tersebut adalah masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR), yaitu maksimal Rp 4 juta/bulan.

Program pembangunan hunian murah ini harus terkoneksi dengan transportasi massal di Jakarta. Tanah-tanah Pemprov dikonsolidasikan dengan simpul-simpul LRT, MRT, Kereta api dan itu yang akan di bangun rusun, sehingga ada menfaatnya.