June 16, 2017

INFOJADI - Pak Menhub, Kenapa Mudik Cuma Gratis di Jawa?


CeritaHot - Lewat media berbagi video YouTube, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjawab sejumlah pertanyaan berkaitan mudik yang disampaikan masyarakat ke padanya.

Salah satu pertanyaan datang dari Veny Kartika.

"Saya ingin bertanya terkait mudik gratis yang sering sekali diadakan oleh Kementerian Perhubungan menjelang lebaran. Mengapa hanya mengutamakan alur mudik gratis sepanjang pulau Jawa?" tanya Veny kepada Budi Karya dikutip detikFinance, Jumat (16/6/2017).

Budi Karya menjelaskan, program mudik gratis sebenarnya didesain untuk mengurangi potensi kecelakaan saat mudik terutama yang ditimbulkan karena banyaknya pemudik yang melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor.

"Kerena memang, program-program itu (mudik gratis) kan kita utamakan bagi yang ada pergerakan motor yang banyak sekali," ujar dia.

Pemudik sepeda motor, kata Budi, banyak ditemui di Pulau Jawa. Bahkan jumlahnya setiap tahun cenderung bertambah. Bila tak ada intervensi dari pemerintah, pemudik menggunakan sepeda motor ini berisiko tinggi menimbulkan kecelakaan mengingat jumlahnya yang sangat banyak.

"Di Jawa, hambatan luar biasa, dan mengapa di Jawa? Ada Fenomena mudik itu menggunakan sepeda motor. Nah sekarang kita imbau, mereka yang naik motor kita sarankan menggunakan mudik gratis baik orang maupun motor," jelas dia.

"Harapannya, kecelakaan motor tidak lagi terjadi atau berkurang paling tidak," tutupnya.

Sumber : Detik.com || PojokQQ.com || JadiQQ.com