February 24, 2018

InfoJadi - Tidak Hanya GBK, Lokasi-lokasi ini Juga Gelar Bikin SIM A Murah


InfoJadi - Pembuatan SIM A Umum murah untuk sopir (driver) taksi online dan konvensional tidak hanya digelar di Jakarta. Namun, acara tersebut akan digelar di beberapa kota.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, program ini merupakan kerjasama antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Biaya untuk pembuatan SIM Rp 100 ribu.

Budi Karya mengatakan, dalam waktu dekat kegiatan serupa akan digelar di beberapa kota.

"Tahap yang mungkin dalam minggu ini yang kita lakukan Jakarta, Surabaya, Bandung, Jogja, Semarang, Pekanbaru, Medan, dan Ujung Pandang," kata dia di Ex Air Mancur Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu (25/2/2018).

Dia mengatakan, untuk pembuatan SIM di GBK dialokasikan untuk 600 sopir. Budi Karya menyadari, jumlah tersebut tak mampu menampung semua driver, sehingga pihaknya mengatakan akan kembali menggelar kegiatan ini lagi.

"Hari ini kita alokasi 600. Tapi jujur memang ada yang mendaftarkan, belum daftar sebelumnya kita akan buat pada tahap 2. Mereka yang berminat membuat sim kita habiskan semua," sambungnya.

Budi Karya melanjutkan, pembuatan SIM ini murah karena disubsidi pemerintah. Bukan hanya itu, pembuatan SIM juga dibantu oleh program CSR.

"Kita ingin sekali driver online dan konvensional mendapat SIM umum secara harga terjangkau. Setelah kita kerjasama banyak pihak, akhirnya kita mengenakan yang tadinya katakan Rp 1 juta lebih dan sebagainya, PNBP Rp 225 ribu kita kenakan hanya Rp 100 ribu," tutupnya.

Jangan Lupa Baca Juga : Salut! Polwan Gendong dan Beri Makan Seorang Nenek di Pinggir Jalan

Sumber : Berita News || Detik.com