June 13, 2016

INFOJADI | 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Infojadi-Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia, kehadiran bulan ramadhan membawa kesan tersendiri bagi setiap umat muslim. Bulan Ramadhan juga menjadi kesempatan mendapat pahala dan kebaikan berlimpah. Selain mendapat pahala yang melimpah kita juga mendapatkan manfaat pada kesehatan tubuh kita. Berikut terlampir 7 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita :

1. Membuang Racun Pada Tubuh
Saat melakukan puasa tubuh kita akan mengalami detoksifikasi, yaitu proses pembuangan racun dan zat adiktif yang ada dalam tubuh kita. Puasa dapat mengkondisikan tubuh untuk mengeluarkan racun. Dengan menjaga pola makan yang teratur pada saat berpuasa, maka racun yang ada di tubuh akan terbuang.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Dengan melakukan puasa, akan terjadi peningkatan limsofit pada tubuh sampai dengan 10 kali lipat. Meningkatnya limsofit pada tubuh, maka virus atau zat adiktif berbahaya dari lingkungan luar tidak mudah untuk masuk ke dalam tubuh kita.

3. Meningkatkan Kemampuan dan Konsentrasi Otak
Dengan berpuasa akan menyebabkan turunnya jumlah hormon kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal, sehingga akan menurunkan tingkat steres yang dialami oleh seseorang. Berpuasa juga dapat meningkatkan neurotopik yang diturunkan dari otak dan membantu memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Sehingga pada akhirnya fungsi otak akan meningkat.

4. Mengurangi Resiko Kegemukan pada Tubuh
Jika pada saat berpuasa pola makan kita teratur maka bisa mengurangi kegemukan pada tubuh karena makanan yang kita makan tidak terlalu banyak. Dengan berpuasa usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan, Endapan makanan inlah yang bila kelebihan akan menjadi lemak diperut. Jangan lupa juga mengkomsumsi pepaya agar saluran pencernaan lancar.

5. Terhindar Dari Penyakit Kronis
Pada saat kita berpuasa, kita bukan hanya dituntut untuk tidak makan dan minum saja. melainkan juga dituntut untuk selalu menjaga amarah yang keluar. Dengan menjaga amarah akan membuat keadaan psikologis menjadi lebih tenang dan membuat kadar adrenalin dalam tubuh menurun. Itu juga menjadi salah satu faktor mengapa orang berpuasa tidak boleh marah.

6. Mencegah Penyakit Diabetes
Berpuasa jgua dapat mengontrol tubuh kita untuk tidak banyak mengkomsumsi makanan yang mengadung gula secara berlebihan. 

7. Menyehatkan Ginjal
Saat melakukan puasa kita akan menahan minum lebih dari 8jam. Dengan penghentian konsumsi air pada saat berpuasa, sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi urin pada ginjal. Hal ini akan sangat memberikan perlindungan tersendiri terhadap fungsi ginjal. Oleh karena itu, berpuasa sangat baik untuk menyehatkan ginjal.

Oleh karena itu sebaiknya kita juga mengkonsumsi suplemen yang bisa menjaga tubuh lebih baik lagi saat berpuasa.

Demikianlah informasi dapat disampaikan.

Salam JadiQQ-ers.