January 19, 2018

InfoJadi - 2018, Seluruh SMA dan SMK di Jabar Laksanakan UNBK


InfoJadi - Seluruh SMA dan SMK di Jabar menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun ini. Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar akan menyiapkan sarana prasarana untuk sekolah yang belum dilaksanakan UNBK tahun lalu.

Kepala Disdik Jabar Ahmad Hadadi mengatakan tahun lalu hanya 84 persen SMA dan SMK yang dilaksanakan UNBK. Ia optimis pada 2018 ini, seluruh SMA dan SMK di Jabar bisa bisa menerapkan UNBK.

"Kami tentu saja membutuhkan komputer dari APBD atau APBN." Kata Hadadi saat dihubungi melalui telepon genggam, Jumat (19/1/2018).

Ia menuturkan sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer berada daerah-daerah pelosok. Sebab, sambung dia, sebagian besar di daerah sudah sudah menjalankan UNBK.

"Kan tidak di antara SMA dan SMP, kita bisa saling pinjam saat UNBK. Bisa juga kita sewa ke pihak ketiga. Kami optimistis 2018 menjadi PERS persen (UNBK)," kata Hadadi.

Jangan Lupa Baca Juga : Anak usaha PT Pertamina Buka Lowongan Kerja, Cek di Sini

Dia menjelaskan tidak hanya dengan sarana prasaran, juga akan melatih SDM atau operator di setiap sekolah. Ya, sambung dia, pelaksanaan UNBK bisa berjalan dengan optimal.

"Kami sudah melakukan sosialisasi dan validasi dengan tambahan Kepala Sekolah dan Operator untuk memberikan pengertian mengenai proses pelaksanaan UNBK," ucapnya.

Menurut Hadadi, idealnya setiap sekolah memiliki 200 komputer untuk operasional UNKB secara optimal. Pihaknya memenuhi persyaratan tersebut sebelum dilaksanakan UNBK pada April 2018.

"Idealnya satu sekolah 200 komputer dengan 2 sesi dengan waktu cukup leluasa bisa selesai," kata Hadadi

Sumber : Detik.com || PojokQQ || JadiQQ