January 26, 2018

InfoJadi - eSports Bikin Pasaran Warnet Naik Kelas 2018


InfoJadi - Perkembangan eSports yang cukup pesat di indonesia sebagian gamer berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Namun, untuk bisa menjadi gamer yang handal dibutuhkan sarana dan pra sarana yang menunjang.

Salah satu sarana yang menunjang gamer untuk berlatih adalah warnet (warung internet). Fenomena warnet memang bukan hal yang baru, bahkan sempat berhembus kabar bisnis warnet mulai lesu.

Namun, pada keyakinan masih ada warnet yang tetap berlaku. Malahan, warnet itu punya fasilitas yang mumpuni.

Salah satu warnet yang hadir dengan kualitas mumpuni adalah Hardcore iCafe yang berada di kota Malang, Jawa Timur. Warnet ini baru saja mendapat sertifikasi dan menjadi bagian dari program NVIDIA GeForfe-Certified iCafe di kawasan Asia Pasifik.

"Munculnya program ini karena kami melihat ada sesuatu yang salah di indonesia. Dengan eSports yang berkembang dari 2010, saat pertama ada promosi eSports berhadiah USD 1 juta, sampai di 2016 tidak ada perkembangannya," kata Christian Suryadi, NVIDIA iCafe Manager kepada detikINET di Malang, Jawa Timur, Jumat (26/1/2017).

Setelah melakukan penelitian, pihak NVIDIA akhirnya menemukan akar permasalahan, dimana berada pada fasilitas yang kurang memadai untuk gamer bernaung. Christian pun menganalogikan hal ini dengan pemain sepak bola.

"Kalau pemain sepakbola, pertama.main ke lapangan RT atau RW, baru nanti kalau mau jago lagi bisa bermain di lapangan seperti GBK. Nah hal ini berlaku untuk warnet yang kondisinya saat ini banyak yang berantakan, spesifikasi tidak mumpuni, dan lain- lain, "terangnya

Dengan kondisi yang berantakan tadi, lanjut Kristen, tidak bisa menjadi referensi sebagai pendidikan atau edukasi untuk anak. Karenanya, lahirlah program GeForfe-Certified iCafe ini.

Program ini menurut Christian dibuat sebagai standariasasi warnet, untuk mengubah kesan negatif menjadi positif. "Karena kalau kita sudah menunjukkan sisi positif, maka akan membantu untuk masuk ke edukasi, nah, pemerintahan. Maka mereka akan melirik usaha ini usaja yang positif," terangnya.

Jangan Lupa Baca Juga : Polisi Terus Menyikat Abis Begal di Karawang, 3 Orang Ditembak Mati

Untuk standarisasi iCafe-nya sendiri terbagi menjadi tiga titik, yakno Silver, Gold, dan Platinum. Harcore iCafe di Malang ini menjadi iCafe pertama di Indonesia yang memenuhi standar Platinum.

Tak cuma di Indonesia, program GeForfe-Certified iCafe juga berjalan di negara lainnya, seperti Malaysia, Taiwan, Thailand, Filipina, Korea Selatan, dan Vietnam. Saat ini sudah ada 250 iCafe di Asia Pasifik.

NVIDIA ada ada iCafe yang tersertifikasi di tahun 2018. Sementara untuk di Indonesia, Christian Kristen ada 50 iCafe yang tersertifikasi.

Selain mempercantik warnetnya, program ini juga memberi manfaat. Keunggulan dalam game GeForce Esports Xtreme (GEXT). Turnamen ini nanti mempertemukan jawara dari iCafe di berbagai negara.

Sumber : Detik.com || PojokQQ || JadiQQ