January 29, 2018

InfoJadi - Hujan Deras Landa Yogya DIY, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem


InfoJadi - Pagi ini wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diguyur hujan disertai angin kencang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem.

"Peringatan dini cuaca ekstrem DIY tanggal 30 Januari 2018 pukul 09.00 WIB, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 09.15 WIB di sebagian besar Kulonprogo dan Kota Yogyakarta, serta Bantul dan Sleman," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Yogyakarta Stasiun Klimatologi Mlati, Sleman, Djoko Budiyono, melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (30/1/2018).

Selain wilayah tersebut, potensi hujan intensitas sedang-lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi meluas ke Gunungkidul. Djoko menyebut kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 12.00 WIB.

"Imbauan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya pohon dan baliho tumbang, petir, angin kencang, tanah longsor, dan banjir," ujarnya.

Jangan Lupa Baca Juga : Puluhan Senjata Api Dicuri dari Toko Senjata di Melbourne Australia

Djoko menambahkan, kondisi ini perlu diwaspadai selama periode puncak musim hujan di Yogya hingga pertengahan Februari 2018.

Selain itu imbauan kewaspadaan juga kepada nelayan dan wisatawan di pantai selatan DIY. Kecepatan angin di pesisir selatan DIY mencapai 15-25 knot atau 27-46 km/jam dengan kategori tinggi. Dampak angin yang tinggi memicu tinggi gelombang berkisar 2,5-4 meter.

"Waspada peningkatan ketinggian gelombang laut lebih dari 2 meter, menunda kegiatan penangkapan Ikan secara tradisional hingga gelombang tinggi mereda," imbuhnya.

Sumber : Detik.com || PojokQQ || JadiQQ