January 27, 2018

InfoJadi - Jokowi Akan Temui Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh


InfoJadi - Presiden Joko Widodo berkunjung ke Bangladesh. Di sana, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Bangladesh Sheikh Hasina untuk menelan pengungsi Rohingya di Cox's Bazar.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, pertemuan dengan PM Sheikh Hasina sedang berlangsung di Kantor PM Bangladesh yang berada di Dhaka, Bangladesh. Setelah itu, Presiden Jokowi dan PM Hasina menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman.

"Sebelum berkunjung ke Kantor PM Bangladesh, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo terlebih dahulu mengikuti upacara peletakan karangan bunga di National Matryrs Memorial Savar dan peletakan karangan bunga di Museum Peringatan Bangabhandu," kata Bey dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (28 / 1/2018).

Siang hari, kata Bey, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan menuju Cox's Bazar menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Bandara Internasional Hazrat Shahjalal, Dhaka, Bangladesh.

Jangan Lupa Baca Juga : Bertemu Presiden Bangladesh, Jokowi Bahas Etnis Rohingya

"Dari Cox's Bazar, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju penampungan pengungsi Kamp Kampung dengan menggunakan mobil. Di sini, Presiden akan bertemu dengan pengungsi Rakhine State," kata Bey.

Setelah itu, kata Bey, Presiden Jokowi bersama rombongan akan kembali ke Dhaka, Bangladesh menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, pertemuan Presiden Jokowi dengan PM Hasina akan membahas perdagangan kedua negara. Selain itu juga akan dilakukan penandatanganan MoU.

"Ada penandatanganan 5 MoU, satu mengenai Konsultasi Urusan Luar Negeri, kedua Komunike Bersama mengenai Perikanan IUU, lalu yang ketiga adalah pengumuman mengenai pembentukan PTA, kilatan kilat LNG dan pengembangan pembangkit LNG. InsyaAllah ada lima yang akan ditandatangani," ucap Retno seperti yang disampaikan Bey dalam keterangan tertulisnya.

Sumber : Detik.com || PojokQQ || JadiQQ