July 21, 2016

INFOJADI | Gadis 19 Tahun Ini Menemukan Cara Menguraikan Plastik Tanpa Sengaja

Kegagalan adalah hal yang sangat sering terjadi pada eksperimen sains dan terkadang tidak sengaja kegagalan tersebut membawa hasil yang tak terduga. Contohnya dalam experimen Sir Alexander Fleming pada tahun 1929 tidak sengaja menemukan antibiotik.

Begitu juga dengan seorang gadis 19 tahun bermana Jeany Yao yang berumur 19 tahun berhasil menemukan sebuah penemuan besar karena tidak sengaja menumpakan botol experimen pada plastik yang susah di uraikan.

Sejak ia masih kecil Jeany Yao pindah dari China ke Kanada dan ia sangat menyukai sains. Banyak penghargaan yang ia raih di bidang sains pada saat masih duduk di bangku SMA.

Awal mulanya penemuan ini ketika Jeany dan temen-temen pergi mengunjungi sebuah eksperimen tempat pembuangan sampah. Ia sangat kaget ketika melihat sampah yang begitu banyak tetapi tidak dapat dilenyapkan dari bumi ini. Akhirnya Jeany pun memutuskan untuk mencari cara menyelepkan sampah plastik yang telah ia lihat.

Sebenarnya plastik membutuhkan waktu selama ribuan bahkan puluhan ribu tahun untuk dapat diuraikan. Selain itu molekul plastik yang mengecil amatlah berbahaya dan dapat merusak lingkungan. Dua bakteri tersebut ditemukan Jeany saat tidak sengaja menjatuhkan botol cairan eksperimennya. Ia menemukan bahwa bakteri dapat mengurai plastik.

Jeany pun mulai melakukan eksperimen terhadap bakteri lain hingga akhirnya ia berhasil membuktikan penemuan tersebut. Jeany berhasil menarik perhatian ilmuwan-ilmuan lainnya bahkan Bill Gates pun tertarik akan penemuan tersebut.