July 21, 2016

INFOJADI | Alasan Ilmiah di Balik Manfaat Tidur Siang



Dengan jadwal yang sangat sibuk setiap harinya, banyak dari kita yang tak lagi memiliki kesempatan untuk tidur siang. Padahal tidur siang tak membutuhkan durasi yang panjang layaknya istirahat malam.
 

Tapi, tahukah Anda bahwa tidur siang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Penelitian ilmiah menemukan bahwa tidur siang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, peningkatan kadar gula darah hingga gangguan tiroid yang kini umum diderita banyak orang.

Bagaimana penjelasannya? Menurut peneliti, tidur siang antara pukul 13.00-16.00 selama 10-30 menit memiliki kekuatan terbesar untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.
Justru, jika tidur siang dilakukan dalam jangka waktu yang lama, dapat membuat Anda mengembangkan inersia, atau perasaan grogi ketika bangun.

Begitu pula jika Anda tidur di atas pukul 16.00, hal ini akan berefek negatif pada tubuh, dimana Anda akan merasa sulit tidur pada malam hari sehingga metabolisme tubuh akan terganggu.

Tidur siang sendiri telah terbukti dapat meningkatkan memori otak, membantu memecahkan masalah hingga meningkatkan kemampuan belajar khususnya pada anak-anak usia sekolah.
Meluangkan waktu untuk tidur siang juga dapat meningkatkan suasana hati, menstabilkan kadar tekanan darah, kadar glukosa darah dan mencegah penyakit jantung. Selain itu tidur siang juga membantu mengelola tingkat stres dan mengontrol berat badan.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari tidur siang, beberapa perusahaan memiliki program tidur siang bagi karyawannya dengan durasi 10-30 menit. (Boldsky)