May 26, 2017

INFOJADI - 5 Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Hobi Begadang


InfoJadi - Begadang adalah keadaan dimana seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari enam jam.

Berikut yang akan terjadi pada tubuh jika hobi begadang :

1. Meningkatkan nafsu makan
Seseorang yang tidak mendapatkan cukup tidur cenderung mudah mengalami peningkatan berat badan. Ini disebabkan karena tidur itu sendiri dapat memengaruhi hormon pengatur nafsu makan: leptin dan ghrelin. Kurang tidur juga membuat Anda menjadi lebih mudah stres dan ingin makan terus-menerus.

2. Bakar kalori lebih sedikit
Selain mengganggu kerja sistem pencernaan, metabolisme tubuh secara keseluruhan juga turut terpengaruh. Salah satunya membuat Anda menjadi mudah lelah dan proses pembakaran kalori menjadi terhambat. Akibatnya, jika Anda enggan berolahraga maka proses penggemukan pun akan menjadi lebih mudah terjadi.

3. Membuat impulsif
Kurang tidur tidak hanya memengaruhi tubuh, tapi juga mengacaukan aktivitas dan kebiasaan Anda. Misalnya pada pria yang kurang tidur, maka keinginannya untuk membeli makanan tinggi kalori akan menjadi lebih tinggi, dibandingkan jika pria tersebut cukup tidur.

4. Mempengaruhi Kesuburan
Bagi wanita, begadang dapat mempengaruhi sekresi hormon dan kualitas ovum. Hal ini yang cenderung mempengaruhi siklus menstruasi. Dan bagi pria, begadang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.

5. Diabetes
Pola tidur berpengaruh pada kadar gula darah, hormon yang mengontrol nafsu makan, bahkan persepsi otak akan makanan berkalori tinggi. Saat tidur, kadar gula tubuh menurun, karena gula dalam tubuh banyak dipakai oleh hati pada proses detoksifikasi.

Sumber : Detik.com  ||  PojokQQ.com  ||  JadiQQ.com