July 18, 2016

INFOJADI | Ini Manfaat Mendengarkan Musik saat Berolahraga

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik tanpa mendengarkan musik mungkin terasa kurang lengkap. Mendengarkan musik saat di gym atau berolahraga ternyata bukan hanya bermanfaat menghibur, namun juga meningkatkan fokus.


Musik dapat meningkatkan fokus saat beraktivitas dari tingkat yang kecil hingga besar. Banyak penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang kerap mendengarkan musik sambil bekerja secara intens cenderung lebih baik dalam pekerjaannya.

Menurut beberapa laporan, ketika mendengarkan musik dengan intens, perenang akan berenang sedikit lebih cepat, pelari akan berlari lebih jauh, hingga bersepeda akan jauh lebih baik.

Banyak survei yang menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik, sistem tubuhnya lebih aktif sehingga cenderung dapat mendorong semangat dan kekuatan mereka dari batas sebenarnya.

Mendengarkan musik juga dapat membantu melupakan sedikit rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkan dari aktivitas fisik yang intens. Mendengarkan musik sambil berolahraga juga dapat membantu Anda mengatasi kelelahan. Ini juga bisa Anda lakukan saat merasa lelah sehabis beraktivitas seharian.

Kita semua juga pasti sudah mengetahui bahwa musik yang menenangkan memiliki kapasitas untuk meningkatkan suasana hati. Tentu ini sangat bermanfaat saat olahraga Anda adalah angkat beban bukan?
Selain itu, musik juga diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang tentu sangat bermanfaat saat berolahraga dalam jangka waktu lama tanpa kelelahan.