July 18, 2016

INFOJADI | Olahraga Ini Dianjurkan Bagi Pasien Gagal Jantung

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa latihan aerobik seperti berlari, jogging, jalan cepat dan berenang membantu dalam memulihkan sistem kontrol protein jantung pada pasien gagal jantung.


Gagal jantung adalah titik akhir yang umum bagi seseorang dengan penyakit kardiovaskular. Sindrom ini ditandai dengan penurunan aliran jantung yang mengarah ke dyspnea, intoleransi latihan dan bahkan kematian.
Meskipun gagal jantung mungkin disebabkan oleh banyak faktor lain, namun titik umum yang diamati oleh beberapa penelitian adalah keadaan ini merupakan akumulasi protein nabati dan hewani yang buruk dalam sel jantung pasien gagal jantung.
Padahal, seharusnya protein dapat bekerja dan bertanggung jawab untuk banyak reaksi kimia yang diperlukan dalam menjaga sel-sel kita agar tetap sehat.
Protein dibentuk oleh urutan asam amino yang menentukan bentuk atau struktur protein yang penting untuk fungsi protein itu sendiri.
"Selama proses evolusi, sel-sel dalam tubuh kita mengembangkan sistem kontrol kualitas protein dan mengakumulasikannya atau menurunkan protein yang gagal akumulasi, yang membuatnya hanya menyerap protein baik saja," kata Luiz H. M. Bozi dari University of Sao Paulo di Brazil.
Temuan menunjukkan bahwa akumulasi protein yang gagal-pada model penelitian tikus yang gagal jantung, terkait dengan gangguan sistem kontrol kualitas protein jantung. Penelitian juga mengatakan bahwa terapi nonfarmacologis dapat meningkatkan sistem kontrol protein.
Selanjutnya, latihan-latihan aerobik juga diyakini dapat mengembalikan sistem kontrol kualitas protein jantung, yang berkaitan dengan mengurangi akumulasi protein yang gagal.
Menurut makalah yang diterbitkan dalam Journal of Cellular dan Molecular Medicine, latihan aerobik juga memperbaiki fungsi jantung pada hewan gagal jantung.
Lebih dari 20 juta orang di seluruh dunia diperkirakan mengalami gagal jantung dan situasi ini akan lebih buruk karena prevalensi gagal jantung akan meningkat seiring dengan usia rata-rata dari populasi yang terus meningkat.