July 18, 2016

INFOJADI | Minuman Terlalu Panas Bisa Sebabkan Kanker?

Penelitian menunjukkan bahwa minuman terlalu panas seperti kopi, teh dan minuman kafein lainnya, berisiko menyebabkan kanker kerongkongan.


Khususnya jika minuman tersebut panasnya melebihi 149 derajat Fahrenheit mungkin meningkatkan kemungkinan resiko kanker. Jadi, pastikan menikmati minuman tersebut tidak terlalu panas atau jika tidak, ini bisa berakibat fatal dalam jangka panjang.


Menurut peneliti, minuman yang sangat panas dapat berkontribusi menyebabkan sel lesi dalam kerongkongan. Kondisi inilah yang membuat pembentukan sel kanker.

Para peneliti juga beralasan bahwa setiap minuman yang panasnya lebih dari 149 derajat Fahrenheit, cenderung karsinogenik bagi manusia.

Bahaya minuman terlalu panas bahkan ditempatkan sama di jajaran makanan berbahaya lain, seperti makanan gorengan pada suhu tinggi, daging olahan dan makanan yang dimodifikasi secara genetik. Semua ini menyebabkan kanker.

Fakta ini telah didukung oleh penelitian dengan kesimpulan bahwa tingkat yang lebih tinggi terserang kanker terlihat pada mereka yang meminum kopi dan teh yang sangat panas, dibandingkan dengan orang yang tidak minum minuman panas dan  minuman pada suhu yang lebih rendah.

Bahkan setelah mempertimbangkan faktor risiko tertentu, seperti merokok dan lainnya, peneliti menyimpulkan bahwa ada hubungan langsung antara minuman panas dan kanker karena penelitian telah menunjukkan bahwa air yang sangat panas juga dapat menyebabkan kanker dengan mempengaruhi jaringan kerongkongan dan merusak mereka. Hal ini juga dapat menyebabkan pertumbuhan tumor atau kanker .

Sementara beberapa hal seperti merokok, mengekspos diri untuk pada radiasi UV dan polusi, makan makanan yang dimasak langsung dinyala api juga dapat menyebabkan kanker.

Namun, menghubungkan kopi dengan kanker ini juga telah diperdebatkan oleh banyak peneliti. Tidak ada bukti yang tersedia untuk membuktikan bahwa kopi menyebabkan kanker. Bahkan kopi telah disertifikasi sebagai minuman pencegah kanker tertentu seperti kanker hati dan kanker endometrium.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa selama kopi tidak terlalu panas, ini tidak akan menyebabkan kanker. (Boldsky)