September 14, 2016

INFOJADI | Sakit Usai Bercinta ? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

InfoJadi - Rasa nyeri setelah berhubungan seksual banyak terjadi pada wanita. Diperkirakan 2 dari 10 wanita yang berhubungan cenderung merasakan hal tersebut. Bukan hanya merasakan nyeri saja tetapi juga bisa nangis setelah bercinta. Beberapa alasan juga bisa dikarenakan masalah medis maupun psikologis.




Berikut 7 alasan yang dirasakan setelah bercinta pada wanita.

1. Vagina Kering
Vagina kering bisa disebabkan oleh kurangnya pelumas pada saat bercinta sehingga mengakibatkan rasa nyeri. Wanita yang mendekati masa menopause lebih beresiko mengalami masalah ini karena daerah vagina terlalu kering. Gesekan pun akan menimbulkan rasa sakit.

2. Area Organ Intim Kurang Bersih
Dalam kasus-kasus tertentu kurang bersih juga bisa menyebabkan nyeri pada saat bercinta. Menjaga kebersihan area intim harus diutamakan oleh wanita. Kebersihan area intim bisa menyimbangkan bakteri. Tetapi tidak disarankan memberishkan dengan sabun antibakteri.

3. Kurang Rangsangan
Bagi kaum adam, beberapa wanita membutuhkan lebih banyak rangsangan agar tubuh siap penetrasi. Jika kurang rangsangan kondisi ini akan membuat nyeri pada wanita saat bercinta.

4. Masalah Medis
Beberapa macam masalah medis seperti IBS, Sembelit, Fibroid, sindrom radang panggul juga bisa menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seksual. Sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter jika terjadi hal berikut. 

5. Alergi
Dalam berhubungan intim ada yang menyebabkan nyeri setelah bercinta dari alergi. Kadang bisa terjadi dari alergi air mani maupun alergi bahan kondom. 

6. Infeksi Menular Seksual
Infeksi menulat seksual juga bisa dijadikan salah satu alasan kenapa saat berhubungan intim terjadi nyeri. Untuk masalah ini anda bisa langsung menanyakan kepada dokter. 

7. Otot Vagina Terlalu Rapat
Otot vagina yang terlalu rapat karena perubahan hormon, dapat membuat hubungan seksual menjadi kurang menyenangkan. Jika ini terjadi kepada anda maka jangan sungkan untuk langsung menanyakan kepada ahlinya.

Sumber Tribun