September 15, 2016

INFOJADI | Tahun ini, Kurban Online Meningkat Lima Kali Lipat

InfoJadi - Perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia Tokopedia mencatat peningkatan yang signifikan atas tren berkurban via online.



PR Executive Tokopedia Siti Fauziah (Puji) menerangkan, “Kami menjual hewan kurban online sejak tahun lalu.

Tahun ini---juga dalam rangka Idul Adha---kami bekerja sama dengan empat lembaga, yaitu Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, PKPU dan Baznas untuk menggelar program bertajuk ‘Tokopedia Kurban’.

Tujuannya adalah kembali memungkinkan seluruh masyarakat Indonesia berkurban melalui dunia online. Menariknya, tren berkurban melalui platform kami meningkat lebih dari 500 persen dibandingkan Idul Adha tahun lalu.”

Menurut Puji, kenaikan itu dikarenakan adanya sederet keunggulan berkurban via online.

Selain lebih mudah karena tidak perlu langsung datang ke peternak dan bingung memilih hewan kurban, program seperti ini juga menjamin penyaluran yang transparan, bahkan ke daerah-daerah yang sulit dijangkau.

“Empat lembaga terpercaya yang kami gandeng dalam ‘Tokopedia Kurban’ inilah yang kemudian membantu Toppers (pengguna Tokopedia, ed.) mendistribusikan hewan kurban yang dibeli ke seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan,” jelas Puji.

“Selama Idul Adha sampai hari tasyrik ini, kami telah menyalurkan donasi kurban ke seluruh pelosok negeri, yaitu daerah-daerah rawan gizi, rawan bencana, pedalaman, minoritas dan komunitas yang tergolong masyarakat miskin,” ungkap Agung Notowiguno selaku Presiden Direktur PKPU.

 General Manager Resource Mobilization Dompet Dhuafa Urip Budiarto juga mengatakan, “Dengan dukungan Tokopedia, masyarakat yang membutuhkan kemudahan berkurban kini dapat terfasilitasi secara online.”

CEO Rumah Zakat Nur Efendi di sisi lain berpendapat sinergi Tokopedia dengan lembaga-lembaga terkait adalah simbol kebersamaan dalam memberikan nilai tambah atas rasa kepedulian dan semangat berbagi kepada sesama pada momentum Idul Adha dan ibadah kurban.

Direktur Baznas Arifin Purwakanta pun berharap kerja sama dengan Tokopedia bisa dilanjutkan untuk memberikan kemudahan lain bagi masyarakat pada umumnya.

Sumber Tribun