May 31, 2017

INFOJADI - Pesawat Sriwijaya Air Tergelincir di Manokwari


InfoJadi - Pesawat Sriwijaya Air tergelincir di Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat, Rabu 31 Mei 2017. Pesawat Boeing 737-300 dengan nomor penerbangan PK-CJC ini mendarat sekitar pukul 08.50 WIT.

Pesawat terbang dari Sorong ke Manokwari membawa 146 penumpang, di antaranya 4 anak-anak dan 3 bayi. "Semua penumpang selamat," kata Manajer Senior Sriwijaya Air Communications Manager Agus Soedjono saat dihubungi Tempo, Rabu 31 Mei 2017.

Agus mengatakan, kecelakaan itu terjadi karena landasan pacu basah akibat hujan deras yang memerah daerah sekitar bandara. "Pesawat berhasil mendarat dengan benar, tapi hujan turun, jadi pesawat tergelincir atau diserbu," katanya.

Saat ini, kata Agus, proses evakuasi masih berlangsung. Untuk sementara, Bandara Rendani tutup sampai jam 12.00 WIT.

Ditanya tentang poros yang diduga rusak itu yang menyebabkan tergelincirnya pesawat ini, Agus mengatakan tidak tahu pasti terkait dengan hal tersebut. "Kami menunggu evakuasi KNKT saja, ya," ujarnya.

Agus menambahkan, pihaknya akan memfasilitasi fasilitas pengembalian atau penjadwalan ulang 100 persen untuk calon penumpang dengan jadwal penerbangan Sriwijaya dari Bandara Rendani. "Kami punya fasilitas lengkap," Tutupnya.