January 24, 2018

InfoJadi - WIKA Tawarkan Komodo Bonds Rp 5,4 T, Kelebihan Permintaan 2 Kali Lipat


InfoJadi - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) telah membukukan transaksi Global IDR Bonds atau surat utang global dalam bentuk rupiah senilai Rp 5,4 triliun. Global IDR Bonds yang disebut Komodo Bonds tersebut berstatus Senior Unsecured Fixed Rate Notes dengan periode 3 tahun.

Komodo Bonds yang mendapat rating Ba2 dari Moody's dan BB dari Fitch tersebut berhasil memperoleh pesanan sekitar Rp 13 triliun atau mengalami oversubscribed hingga 140% atau dua kali lipat lebih.

Rating keduanya yang memiliki stable outlook tersebut dibukukan at par dengan kupon obligasi 7,70% per tahun setelah melalui tahap penawaran awal pada tingkat kupon 8.00%.

Direktur Utama Wika Bintang Perbowo mengatakan, hal ini menunjukkan kekuatan profil risiko perusahaan serta minat para investor global untuk berinvestasi di sektor infrastruktur Indonesia.

"Kami sangat bangga karena Komodo Bonds Wika mengalami oversubscribed hingga hampir 2,5 kali dengan profil investor global yang sangat beragam," katanya dalam keterangan resmi seperti dikutip detikFinance di Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Profil investor global yang berminat terhadap Komodo Bonds Wika, 67% di antaranya berasal dari Asia, 13% dari Eropa dan Timur Tengah, 10% dari Amerika Serikat dan 10% dari investor dalam negeri Indonesia.

Jangan Lupa Baca Juga : 100 Hari Anies-Sandi, Program Rumah DP Rp 0 Dimulai

"Seluruh hal di atas menunjukkan kepercayaan para investor global yang kuat terhadap WIKA dan infrastruktur di Indonesia serta keyakinan akan prospek likuiditas Komodo Bonds. Dengan model bisnis yang terintegrasi serta profil risiko yang terdiversifikasi WIKA siap mendukung Pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia," ujar Bintang.

Para investor yang berinvestasi di Komodo Bonds melihat bahwa keberhasilan transaksi Komodo Bonds Wika membuka jalan bagi berbagai BUMN lain untuk menerbitkan Komodo Bond sebagai sumber pendanaan alternatif. Para investor global berharap bahwa lebih banyak lagi BUMN dapat menerbitkan instrumen investasi ini untuk mendongkrak likuiditas serta minat para investor global terhadap Komodo Bonds.

Komodo Bonds Wika sendiri akan mengalami settlement pada tanggal 31 Januari 2018 ini dan akan didaftarkan di Bursa Efek London (LSE-ISM) dan Bursa Efek Singapura (SGX-ST).

Wika saat ini dipercaya menangani sejumlah proyek strategis nasional seperti jalan tol Balikpapan-Samarinda, Simpang Susun Semanggi, Bendungan Jatigede serta berbagai proyek migas dan pembangkit listrik maupun berbagai proyek infrastruktur transportasi dan pengembangan properti bertema Transit Oriented Development (TOD).

Sumber : Detik.com || PojokQQ || JadiQQ