July 11, 2016

INFOJADI | 5 Gejala Flu yang Harus Di Ketahui

Influenza atau flu merupakan penyakit yang paling umum dialami setiap orang karena virus flu sangat mudah menyebar melalui udara. Penyakit ini biasanya menyeranga saat daya tahan tubuh sedang rendah akibat kurang tidur, stres atau pola makan buruk.



Sebaiknya, kenali tanda-tanda awal akan terserang flue sebelum menjadi lebih parah. Seperti dikutip dari Boldsky.com, tanda atau gejala awal flu pada setiap orang berbeda beda. Gejalanya :

1. Kelelahan dan merasa lemah.
Tiba tiba merasa kelelahan merupakan salah satu gejala awal flu yang biasanya muncul sebelum gejala lainnya.

2. Tubuh nyeri dan menggigil.
Nyeri pada tubuh biasanya terjadi pada lengan, kaki dan punggung. Kepala juga bisa terasa nyeri atau pusing. nyeri pada tubuh dapat disertai dengan menggigil.

3. Batuk terus menerus.
Virus flu bisa menyebabkan batuk terus-menerus. Terkadang batuk disertai rasa sesak di dada.

4. Sakit tenggorokan
Gejala awal flu bisa berupa sakit tenggorokan. Tenggorokan mulai tersasa gatal dan mulai mengalami iritasi hingga kesulitan menelan.

5. Demam.
Mengalami demam mencapai 38 derajat celcius atau lebih bisa jadi tanda terserang flu. Demam menandakan tubuh sedang berusaha melawan infeksi virus. Namun, tidak semua orang demam ketika flu.

Agar flu tidak berkembang lebih parah, lakukan itndakan pencegahan. Misalnya mengambil waktu istirahat di rumah, mengonsumsi makanan bergizi, mengurangi makanan berlemak dan pedas, serta memperbanyak konsumsi air.
Flu menyerang sistem pernapasan, mulai dari hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Kebanyakan orang akan mengatasi sendiri penyakit flu di rumah. Namun, jika flu memburuk atau mengalami komplikasi segera periksa ke dokter.

Source : Boldsky